Belanda Bakal Punya Kuil Hindu Terbesar di Eropa

Den Haag akan membangun kompleks hindu terbesar di Eropa. Tiga aliran hindu yang berbeda akan membangun tiga kuil, berjajar di belakang stasiun kereta api Den Haag Hollands Spoor. Kompleks ini direncanakan selesai tahun 2014. Reaksi penduduk sekitar beragam mengenai pembangunan kuil tersebut.

Komunitas Hindustan yang berjumlah lima puluh ribu orang adalah kelompok masyarakat pendatang terbesar di regio Den Haag. Kompleks kuil ini adalah proyek jutaan euro yang dibiayai sendiri oleh ketiga aliran hindu: Krishna, Sikh dan aliran hindustan-Suriname Arya Samaj.

Selain kuil, akan dibangun pula dua gedung apartemen berisi 45 unit rumah. Pemkot Den Haag sudah definitif menyetujui pembangunan ini.

Wilayah tak terpakai
Kuil akan berdiri di wilayah industri yang tak terpakai, luasnya dua atau tiga kali lebih besar dari lapangan bola. Wakil komunitas Sikh menjelaskan mengapa tiga kuil berbeda harus dibangun: “Komunitas kami terdiri dari 50.000 orang. Tak akan cukup ditampung di satu gedung.”

Reaksi dari penduduk daerah Laakkwartier Den Haag, di sekitar kuil, beragam. Seorang muslimah menyatakan, “menyenangkan” jika kuil Hindu dibangun di situ. Pemilik sebuah kafetaria bilang, menarik bahwa rumah ibadah agama lain bermunculan, sementara gereja ditutup. “Kalau nggak masjid, kuil hindu yang dibangun,” katanya.

Damai
Pembangunan masjid di Rotterdam ditentang pengikut partai kanan populis PVV pimpinan Geert Wilders. Hal yang sama tidak terjadi dalam pembangunan kompleks kuil hindu ini. Wakil komunitas Sikh tak bisa menjelaskannya. “Saya tidak tahu, mungkin karena agama kami adalah agama damai.”

dikutip dari : http://www.rnw.nl/bahasa-indonesia/article/belanda-bakal-punya-kuil-hindu-terbesar-di-eropa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s