Urutan Perayaan Galungan

Urutan Perayaan Galungan

Tumpek Wariga
Jatuh 25 hari sebelum Galungan, jatuh pada hari Sabtu Kliwon Wariga, mengandung makna memohon keselamatan kepada semua tumbuh-tumbuhan agar hidup sempurna dan dapat memberi hasil untuk bekal merayakan Galungan.

Sugihan Jawa
Jatuh pada pada hari Kamis Wage Sungsang yaitu enam hari sebelum Galungan yang mengandung makna memohon kesucian terhadap bhuwana Agung ( Alam Semesta )

Sugihan Bali
Jatuh pada hari Jumat Kliwon Sungsang yaitu lima hari sebelum Galungan yang mengandung makna memohon kesucian terhadap bhuwana Alit (diri pribadi )

Hari Panyekeban
Jatuh pada hari Minggu Paing Dunggulan yaitu tiga hari sebelum Galungan yang mengandung makna mulai waspada terhadap Sang Tiga Wisesa yang mulai turun menggoda kemampuan dan keyakinan manusia dalam bentuk Bhuta Galungan. Kita harus anyekung jnana sudha nirmala agar terhindar dari godaan.

Hari Penyajaan Galungan
Jatuh pada hari Senen Pon Dunggulan yaitu dua hari sebelum Galungan yang mengandung makna pemantapan kewaspadaan terhadap godaan Sang Kala Tiga Wisesa, dan sebagai hari kesungguhan hati untuk menyambut Hari Raya Galungan.

Hari Penampahan Galungan
Jatuh pada hari Selasa Wage Dunggulan yaitu sehari sebelum Galungan. Pada hari ini adalah hari terakhir bagi Sang Kala Tiga Galungan dan patut diwaspadai agar dia tak berhasil menggoda kita.

Hari Pamaridan Galungan
Jatuh pada hari sabtu Pon Dunggulan, hari akhir wuku dunggulan, dipergunakan sebagai hari penyucian diri dan dilanjutkan dengan mohon keselamatan dengan ditandai dengan memakan sisa yadnya berupa Tumpeng Guru bersama keluarga

Dikutip : http://www.hindubatam.com/upacara/dewa-yadnya/hari-galungan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s